Blog – Full Width

by

Kreasi Baja Ringan, Potensi Ladang Bisnis untuk Pebisnis Pemula

Kreasi baja ringan dapat berpotensi menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan di masa sekarang untuk para entrepreneur. Terlebih lagi, penggunaan baja ringan semakin masif dan bisa dibilang mulai menggantikan kayu.

Bahkan seiring perkembangan zaman, baja ringan kini bukan hanya untuk memenuhi konstruksi bangunan, seperti kuda kuda maupun rangka atap. Material ini pun dapat dibentuk menjadi furnitur atau kreasi lainnya.

Tak kalah ketika menggunakan kayu, kreasi dari baja ringan juga estetik dan memungkinkan untuk menjadi usaha sampingan dan menambah penghasilan. Apa saja contohnya?

Rak Bunga Baja Ringan

Rak Bunga Baja Ringan
Rak Bunga (Sumber: Instagram @pernik_aisaluwa)

Tren menanam bunga maupun koleksi tanaman hias lainnya sampai sekarang masih menjamur di tengah masyarakat. Di sinilah peluang muncul tak hanya untuk penjual tanaman, tetapi juga bagi para pebisnis rak bunga.

Dulu, mungkin kayu atau besi menjadi material utama untuk pembuatan rak. Namun kini ada alternatif lain, yaitu baja ringan jenis kanal C hingga hollow.

Pembuatan rak bunga dari baja ringan akan menguntungkan. Sebab, selain kokoh dan tidak mudah lapuk seperti ketika menggunakan kayu, baja ringan juga mudah dirangkai. Sehingga lebih efisien waktu dan dana.

Kursi

Tampilan fasad rumah yang estetik saja masih kurang lengkap tanpa adanya elemen pendukung lainnya, seperti furnitur.

Masalahnya, kini harga furnitur cenderung mahal dan bahan baku seperti kayu pun kian terbatas. Sehingga baja ringan dapat menjadi salah satu terbaik.

kursi baja ringan
Kursi Panjang Baja Ringan (Sumber: rokhmad.com_)

Salah satu kreasi baja ringan yang cukup berpeluang untuk bisnis adalah kursi baja ringan. Dimana pemakaian kanal C dapat dilakukan untuk menciptakan kursi sandaran panjang.

Kandang Kucing Baja Ringan

Kandang sudah seperti rumah bagi kucing. Itulah mengapa, penting untuk membuat mereka nyaman. Setidaknya, pemilihan material untuk tempat tinggal kucing tidak mudah lapuk dan berjamur.

Kandang Kucing Baja Ringan
Kandang Kucing (Sumber: Instagram @istana_kucing_klaten)

Baja ringan adalah bahan baku tepat untuk kandang kucing. Peluang untuk menjadikan kreasi ini sebagai ladang bisnis pun cukup terbuka lebar.

Kitchen Set

Perpaduan baja ringan dan material lain seperti kaca dapat diterapkan untuk pembuatan kitchen set atau penyimpanan alat-alat dapur.

Kreasi Baja Ringan Kitchen Set
Kitchen Set (Sumber: Instagram @mandiriberdikari)

Melalui desain yang tepat, penggunaan jenis baja ringan seperti kanal C, hollow, serta coil untuk kreasi ini akan membuat tampilannya menarik.

Tangga Lipat Baja Ringan

Rancangan dan perhitungan yang tepat, material baja ringan yang biasanya digunakan untuk bahan bangunan pun dapat dikreasikan menjadi tangga lipat.

Tangga Baja Ringan
Tangga Baja Ringan (Sumber: Instagram @one.devs)

Tak hanya karena harga baja ringan yang relatif lebih terjangkau. Kelebihan lain seperti kekokohan, ketahanan terhadap karat, hingga kemudahan dalam pemasangan, aplikasi baja ringan untuk tangga akan menguntungkan.

***

Itulah deretan inspirasi kreasi baja ringan yang berpotensi untuk menjadi ladang bisnis bagi para entrepreneur. Agar kreasi lebih awet, pastikan untuk selalu menggunakan baja ringan yang kualitasnya telah terjamin. Seperti Baja Ringan KEPUH yang menggunakan Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) ber-SNI, yaitu ZINIUM®.

by

Tips Renovasi Atap Rumah Agar Lebih Cepat dan Ramah di Kantong

Renovasi atap rumah wajib dilakukan, terutama jika struktur bagian atas hunian sudah mulai rapuh, sering rembes, atau bahkan terjadi kebocoran.

Pentingnya dilakukan pemugaran pada atap ini lantaran atap merupakan salah satu komponen penting pada rumah, yang fungsinya memberi rasa aman dan nyaman bagi penghuni di dalamnya.

Mengingat peranan atap yang cukup besar untuk rumah dan biaya renovasi yang dinilai tak murah, beberapa hal berikut perlu dipertimbangkan sebelum melakukan perbaikan.

  • Model atap rumah. Tak hanya untuk pertimbangan estetika, penentuan bentuk atap rumah juga akan mempermudah penghitungan material yang diperlukan sekaligus persiapan biaya renovasi.
  • Rancangan atap. Rancangan bentuk, jarak, ukuran kuda kuda, serta seluruh pemasangan rangka atap harus jelas. Tujuannya untuk mempermudah dalam menentukan berapa biaya renovasi atap rumah.
  • Material atap. Pemilihan material, baik untuk rangka maupun penutup harus dipertimbangkan secara matang mengingat atap berkaitan dengan keselamatan penghuni.

Baja Ringan, Solusi Renovasi Atap Rumah Cepat dan Ramah di Kantong

Rangka Atap Baja Ringan (Sumber: Instagram @rangkaatap)

Bukan hanya membuat perencanaan matang terkait bentuk serta rancangan atap dengan menyediakan gambar kerja, sehingga biaya renovasi dapat diminimalisir. Pemilihan material rangka atap yang kokoh, pemasangan cepat, dan awet hingga puluhan tahun seperti baja ringan.

Di antara ‘kandidat’ material lain, yaitu bambu dan kayu, baja ringan lebih ideal digunakan di masa kini, karena hal-hal berikut.

Kekuatan Tariknya Tinggi

Kekuatan tarik yang tinggi per satuan berat baja ringan membuat material ini berpotensi memiliki beban mati cukup kecil.

Tidak heran jika material ini cocok digunakan sebagai struktur atap, termasuk yang memiliki bentang lebar.

Kokoh dan Memiliki Daktilitas yang Bagus

Renovasi Atap Rumah
Pemugaran Atap Rumah (Sumber: Instagram @fanayaartconstruction)

Baja ringan dikenal sebagai material yang kokoh serta mampu menahan beban deformasi selama proses fabrikasi, transportasi maupun konstruksi.

Selain itu, material ini memiliki daktilitas yang bagus, yaitu mampu menahan respon inelastik termasuk lendutan terbesar dan menyerap energi.

Awet

Seperti diketahui, baja ringan dikenal sebagai material yang tahan karat, karena memiliki lapisan (coating) Aluminium, Seng, dan unsur kimia lainnya.

Di samping itu, dibandingkan dengan bambu atau pun kayu, baja ringan adalah material yang anti rayap dan tidak mudah keropos.

Itulah kenapa, baja ringan untuk rangka atap akan memiliki usia pakai yang cukup lama. Bahkan perawatan intens dalam kondisi tertentu pun tidak diperlukan.

Pemasangan yang Relatif Cepat

Pemasangan Atap Baja Ringan
Pemasangan Atap Baja Ringan (Sumber: Instagram @plafon.bojonegoro)

Instalasi rangka atap baja ringan memerlukan waktu yang cukup singkat, yaitu sekitar tiga hari sampai satu minggu, tergantung dari tingkat kerumitan model atap dan luas atap.

Pemasangan yang cepat ini karena baja ringan mudah dipotong, disambung dengan baut. Bobotnya yang ringan serta bentuknya yang presisi pun akan mengurangi kesulitan selama proses konstruksi, sehingga lebih efisien terhadap waktu.

Efisien Dana

Karena tahan karat, baja ringan tidak memerlukan pengecatan ulang. Pengaplikasian pelapis anti rayap seperti ketika menggunakan kayu atau bambu juga tidak diperlukan. Sehingga biaya perawatan dapat diminimalisir.

Mengingat pemasangannya yang cepat, biaya renovasi atap rumah pun dapat dikurangi, terutama untuk membayar jasa tukang bangunan dengan sistem pembayaran harian.

***

Baja ringan menjadi solusi tepat untuk melakukan renovasi atap rumah dengan cepat dan dapat meminimalisir dana. Bahkan, setelah dibongkar pun material ini masih bernilai dan dapat dimanfaatkan kembali, sehingga lebih ramah lingkungan.

Terkait hal ini, pastikan untuk selalu menggunakan material yang kualitasnya terjamin, yaitu telah ber-SNI, massa lapis dan ketebalannya tidak menipu, atau bahkan dilindungi dengan garansi. Seperti Baja Ringan KEPUH yang memiliki kriteria tersebut.

by

Rangka Atap Baja Ringan vs Kayu, Lebih Baik Pilih Mana?

Rangka atap baja ringan dalam beberapa tahun belakangan sedang naik daun. Bahkan, popularitasnya seolah semakin menggeser kayu yang telah digunakan sejak dulu di dunia konstruksi.

Meskipun demikian, masih ada yang menyangsikan tentang penggunaan baja ringan untuk rangka atap. Salah satu faktornya adalah karena harga baja ringan yang dianggap mahal. Alhasil, sejumlah masyarakat masih belum bisa beralih dari penggunaan kayu.

Dalam hal ini, memang perlu pertimbangan secara matang sebelum memutuskan untuk menggunakan baja ringan atau kayu untuk rangka atap. Sebaiknya, mana yang lebih baik di antara keduanya?

Kualitas Material Rangka Atap Baja Ringan vs Kayu

Kualitas dari suatu material akan memengaruhi masa pakainya. Contohnya seperti rangka kayu kelas satu atau pun dua yang mampu bertahan hingga 15-20 tahun, apabila dirawat serta dilindungi dari serapan air.

Rangka Atap Baja Ringan
Rangka Atap Baja Ringan (Sumber: Instagram @ecotrussafrica)

Berbeda halnya dengan rangka atap dari baja ringan. Dimana tingkat keawetannya dapat bertahan hingga 50 tahun lebih dalam kondisi lingkungan normal.

Bahkan selama ini baja ringan dinilai kokoh, tahan karat, anti rayap, hingga tidak merambatkan api. Sedangkan kayu dengan kualitas yang biasa saja akan mudah keropos, mudah diserang rayap, dan masih merambatkan api.

Perawatan Material Baja Ringan vs Kayu

Berdasarkan aspek perawatan, rangka baja ringan nyaris tidak memerlukan banyak pemeliharaan lantaran sudah dilapisi dengan coating yang membuatnya tahan karat. Selain itu, baja ringan juga anti rayap, tidak mudah lapuk, serta tidak merambatkan api.

Sedangkan kayu memerlukan perawatan lebih, misalnya seperti mengaplikasikan serum anti rayap yang mengantung termetrin pada lubang pondasi. Dimana pemeliharaan tersebut dilakukan setiap 3-5 tahun sekali agar rayap tak mudah menyerang.

Harga Baja Ringan vs Kayu

Bukan hanya kualitasnya. Harga material pun menjadi salah satu fokus yang dipertimbangkan masyarakat, apakah harus memilih kayu atau baja ringan untuk rangka atap.

Dulu, ketika kayu masih mampu memenuhi kebutuhan di dunia konstruksi, harga material ini lebih mudah dibandingkan dengan baja ringan.

Namun, seiring berkembangnya zaman, kayu semakin langka. Bahkan material kelas satu dan dua pun harganya sangat mahal.

Maka, harga baja ringan bisa dikatakan lebih murah dibandingkan dengan kayu untuk saat ini, terlebih untuk pemakaian jangka panjang.

Efisiensi Pemasangan

Dari segi waktu dan kemudahan dalam pemasangan, baja ringan dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan kayu.

Rangka Atap Kayu
Rangka Atap Kayu (Sumber: Instagram @artvillagekarjat)

Proses pemasangan kayu memerlukan waktu sampai sekitar 2 minggu hanya untuk merangkai rangka atap. Bahkan hal ini belum termasuk genteng, karpus, hingga lisplang.

Sedangkan waktu pemasangan baja ringan lebih singkat, setidaknya butuh 2-3 hari untuk membuat konstruksi atap rumah seluas 40m2. Sementara genteng dan elemen lain dipasang sehari setelahnya.

Aplikasi baja ringan juga lebih mudah. Terlebih jika telah tersedia gambar kerja yang akan memudahkan aplikator baja ringan membuat mal (marking) kuda kuda dan proses lainnya.

Dampak terhadap Lingkungan

Seiring berjalannya waktu, persediaan pohon sebagai sumber dari kayu, semakin menipis. Padahal, keberadaan pohon membantu dalam penyerapan karbon dioksida serta gas beracun lainnya.

Dimana kita tahu bahwa karbon dioksida memiliki peran dalam kerusakan lingkungan, seperti penipisan lapisan ozon yang selanjutnya berdampak pada pemanasan global.

Sebaliknya, baja ringan dapat didaur ulang setelah masa pakainya berakhir. Sehingga, pemakaian material ini menjadi salah satu solusi untuk mengatasi isu lingkungan ini.

***

Itulah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebelum memilih kayu atau baja ringan untuk rangka atap.

Sebagai masyarakat cerdas yang peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan, baja ringan adalah pilihan terbaik.

Terkait hal ini, selalu pilih material terpercaya, seperti Baja Ringan KEPUH yang telah menggunakan Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualitas dan sudah ber-SNI.

by

Cara Membedakan Baja Ringan yang Bagus dan Abal-abal

Baja ringan yang bagus dan abal-abal mungkin masih sulit dibedakan oleh sebagian orang, terutama bagi mereka yang baru beralih menggunakan material ini.

Sebab dilihat secara kilas, keduanya  tampak sama, baik dari warna hingga bentuk. Namun jika lebih diteliti, tentu akan ditemukan banyak perbedaan.

Terkait hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat membedakan mana baja ringan berkualitas dan abal-abal, di antaranya sebagai berikut.

SNI pada Produk

Salah satu manfaat penerapan SNI pada produk adalah menjamin mutu hasil industri, dalam hal ini adalah baja ringan. Sehingga konsumen tidak akan tertipu dengan mutu dan kualitas material.

Produk berkualitas biasanya telah berlabel SNI 4096:2007 (SNI material/ SNI standar produk Baja Lapis Aluminium Seng atau BjLAS). Khusus rangka atap baja ringan, produk berkualitas biasanya bertuliskan SNI 8399:2017 (SNI produk).

Massa Lapis Tahan Karat yang Jelas

Selain SNI, kualitas material juga ditandai dengan adanya kode massa lapisan Aluminium Seng (AS), baik AS 70 atau pun AS 100.

Di samping itu, khususya pada rangka atap baja ringan yang telah memiliki SNI produk, wajib minimal menggunakan massa lapis Aluminium Seng/ AS 100.

Ketebalan yang Tidak Menipu

Baja ringan yang bagus, terutama untuk rangka atap, ketebalan yang tertera pada produk sesuai dengan ketentuan SNI produk.

Bahkan, saat ketebalan diukur dengan menggunakan alat ukur mikrometer (analog atau digital) yang dapat mengukur ketebalan di bawah 1mm, hasilnya sesuai.

Tegangan Tarik

Tegangan tarik adalah tegangan maksimum yang bisa ditahan oleh sebuah bahan saat diregangkan atau ditarik, sebelum bahan tersebut patah.

Setidaknya, tegangan tarik rangka baja ringan harus memiliki standar G550. Artinya, material tersebut memilki nilai tegangan tarik yang baik, yaitu minimal 550 Mpa, sehingga terbukti kokoh dalam menopang beban.

Bergaransi

Bukan hanya SNI, garansi juga dapat membantu dapat membantu konsumen dalam memilih produk baja ringan non abal-abal.

Sebab dengan adanya garansi akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk yang dibeli ada jaminan jika terjadi kerusakan atau tidak.

***

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membedakan produk baja ringan yang bagus dan abal-abal.

Pada dasarnya, penting untuk memilih baja ringan berkualitas, mengingat material ini berkaitan dengan keselamatan penghuni bangunan.

Gerai Baja Ringan Kepuh, pelopor jaringan industri baja ringan di Indonesia menyediakan produk berkualitas yang telah ber-SNI dan memiliki kriteria yang telah disebutkan sebelumnya.

by

Bersama GBRK, Peluang Bisnis Baja Ringan Semakin Mudah dan Terbuka Lebar

PT Gerai Baja Ringan Kepuh atau GBRK yang merupakan perusahaan jaringan industri baja ringan, membuka kesempatan luas bagi para entrepreneur untuk berbisnis baja ringan.

Seperti diketahui, dalam beberapa tahun belakangan ini prospek baja ringan di dunia konstruksi sedang naik daun. Bahkan, keberadaannya seolah menggeser popularitas kayu yang sudah digunakan sejak dulu.

Tak ayal, peralihan tersebut lantaran baja ringan dinilai lebih awet daripada kayu. Terutama jika digunakan untuk atap, rangka baja ringan umumnya lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan tidak akan kalah dari serangan hama rayap.

Sayangnya setelah tenar, mulai muncul baja ringan berbagai merek di pasaran dengan mutu dan kualitas yang bervariasi. Tidak terkecuali produk yang kualitasnya masih diragukan.

Dengan dalih harga lebih murah, baja ringan yang ketebalan bahan dan lapisan pelindung tahan karatnya tidak jelas serta belum ber-SNI, didistribusikan pada masyarakat.

Mirisnya, banyak masyarakat belum memperoleh edukasi secara maksimal terkait baja ringan. Khususnya tentang bahaya apa yang mengintai mereka jika menggunakan produk abal-abal.

GBRK Siap Dampingi Calon Pengusaha Baja Ringan

Sebagai perusahan jaringan industri baja ringan, GBRK bukan hanya memperkenalkan dan menjual produk baja ringan.

Lebih dari itu, perusahaan afiliasi dari PT Sunrise Steel dan PT Kepuh Kencana Arum ini juga membantu calon pengusaha dalam membangun jaringannya.

Artinya GBRK  siap mendampingi para calon pengusaha dalam menyiapkan sistem, SOP, hingga training karyawan maupun operator.

Jaringan industri baja ringan ini pun akan selalu menyediakan bahan baku berkualitas, mengingat masih berkaitan dengan keselamatan penghuni bangunan.

Terkait bahan baku, GBRK menggunakan produk Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) berkualitas. Adalah ZINIUM, material yang ketahanan terhadap karat serta kekuatannya telah terjamin melalui sertifikat SNI.

Keberadaan GBRK pun bukan hanya akan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para wirausahawan yang memang ingin terjun di industri baja ringan. Tetapi juga memberikan manfaat bagi masyarakat berupa informasi tentang betapa pentingnya dalam memilih baja ringan berkualitas.***

by

Bisnis Baja Ringan, Peluang Usaha Menjanjikan Bagi Entrepreneur Muda Indonesia di Masa Depan

Peluang bisnis baja ringan dapat dikatakan akan terus terbuka lebar. Hal ini mengingat penggunaan baja ringan semakin populer di dunia konstruksi, sejalan dengan  pembangunan di Indonesia yang terus berkembang.

Seperti kata Sekjen Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Achmad Sigit Dwiwahjono dikutip dari Media Indonesia, sektor industri logam, termasuk baja ringan di dalamnya, sangat prospektif karena kebutuhan domestik cukup besar.

Bahkan menurut Sigit, industri logam tersebut juga berpotensi memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

Bagaimana Cara Menjadi Pebisnis Baja Ringan?

Wirasausahawan tanah air, khususnya para entrepreneur muda pun memiliki kesempatan untuk berbisnis di bidang baja ringan.

Kesempatan terbuka lebar meskipun para calon pengusaha baja ringan masih minim pengalaman. Kuncinya, ada niat untuk berusaha.

Pebisnis di bidang ini juga sebaiknya adalah orang yang sanggup bekerja di lapangan, karena mereka akan bertemu dengan pengguna jasa, aplikator, atau bahkan melihat langsung pengerjaan proyek yang sedang digarapnya.

Hal yang tak kalah penting lagi, wirausahawan tersebut pun harus memiliki pengetahuan mumpuni terkait material dan dapat memasarkannya.

GBRK Siap Menaungi Para Pengusaha Muda

PT Gerai Baja Ringan Kepuh atau GBRK merupakan perusahaan yang arahnya membangun jaringan industri baja ringan.

Tidak hanya untuk berdagang, namun jaringan industri baja ringan ini juga membantu untuk membangun jaringannya.

Artinya, GBRK akan membuat sistem ketika seorang pengusaha sudah mahir dalam memasarkan produk baja ringan.

Selanjutnya, GBRK akan meminjamkan mesin, menyiapkan sistem, SOP, hingga training karyawan dan operator. Sementara itu, calon pengusaha baja ringan hanya perlu membeli bahan baku dari pihak GBRK.

Mengingat bisnis ini berhubungan dengan keselamatan orang, GBRK selalu memastikan mutu dan kualitas bahan baku baja ringan yang dipasarkannya.

Terkait hal ini, GBRK menggunakan material Baja Lapis Aluminium Seng (BjLAS) ZINIUM yang kualitasnya telah terjamin, baik dari segi kekuatan, ketahanannya terhadap karat, tingkat presisinya, dan lain sebagainya.***

  • 1
  • 2
    PT. GERAI BAJA RINGAN KEPUH

    Gerai Baja Ringan Kepuh merupakan pelopor jaringan industri baja ringan di Indonesia dimana merupakan perusahaan afiliasi dari PT. Sunrise Steel & PT. Kepuh Kencana Arum yang telah berpengalaman selama lebih dari 30 Tahun

    ALAMAT

    Jl. Bubutan 127 - 135 Surabaya

    TELEPON

    +62 811-3229-7000

    EMAIL

    info@kepuh.com

    Cart